Menjadi Seorang Individu Yang Pintar

Foto oleh RF._.studio dari Pexels

Kamu harus tahu bahwa orang pintar itu tidak berbeda dengan diri kamu, hanya saja orang pintar itu lebih banyak mengisi dirinya dengan informasi yang banyak. Informasi tersebutlah yang membuat dirinya lebih pintar dari pada diri kamu yang memiliki sedikit informasi. Semua orang sebenarnya bisa pintar dengan cara mereka masing-masing untuk mengisi banyak informasi dalam dirinya. Sekolah sebenarnya suatu wadah sederhana yang memberikan setiap individu yang datang ke tempat tersebut untuk mendapatkan informasi baru yang belum mereka ketahui. Ijazah hanya bukti bahwa individu tersebut telah mendapatkan informasi dengan baik, ijazah bukan suatu bukti yang sah sebenarnya untuk dikatakan seseorang itu memiliki banyak informasi dalam dirinya, bukti yang sah adalah bagaimana individu tersebut dapat membuat sebuah gebrakan dalam kehidupan nya dengan informasi yang dia dapatkan tersebut.

Semua orang berkesempatan untuk menjadi orang pintar, tapi kembali lagi ke individu tersebut. Apakah dia serius dalam mendapatkan banyak informasi dalam kehidupan nya ? atau dia hanya bermain-main dengan semua itu. Berhenti beranggapan bahwa kamu bisa melakukan nya di hari esok, kalau kamu ingin kehidupan kamu terus meningkat. Cobalah untuk terus mencoba melakukan sesuatu yang baru dalam diri kamu, walaupun kamu tahu bahwa itu sangat sulit untuk dilakukan.

Informasi yang ada dapat membuat seseorang pintar, orang bisa pintar karena banyak mendengar, membaca, dan memahami informasi. Kamu tidak akan bisa pintar kalau tidak ingin mencari banyak informasi dalam kehidupan kamu, merasa bahwa kamu sudah tahu segalanya. Orang yang merasa dirinya bodoh akan terus belajar untuk memuaskan diri nya akan sebuah informasi. Kalau kamu beranggapan bahwa semua itu sudah kamu ketahui dan kemu tidak perlu mengulang nya kembali, hal itu sangat salah sekali, karena kamu baru saja melewatkan banyak informasi yang terlewat kan oleh diri mu. Kalau kamu tidak percaya, coba kamu lakukan hal ini. Bacalah sebuah buku satu kali, pasti kamu akan merasa bahwa diri kamu sudah mengetahui semua hal tentang yang ada di dalam buku tersebut, untuk pertama sekali kamu membaca nya. Tapi tahukah kamu!, Coba kamu baca sekali lagi buku tersebut, kamu pasti akan terkejut bahwa kamu telah melewatkan beberapa informasi dalam buku tersebut. Jangan pernah cepat merasa puas, kalau masih banyak yang lebih hebat dari pada diri kamu. Merasa bersyukur lebih baik, daripada kamu terlalu cepat puas dan tidak sadar telaah melewatkan banyak hal yang lain nya yang lebih penting.

Pintar bukan berarti harus mendapatkan banyak gelar, pintar berarti kamu sudah dapat mengubah diri kamu terlebih dahulu kearah yang lebih baik dari sebelum nya. Orang ingin mendapatkan sebuah informasi untuk melakukan sebuah perubahan dalam dirinya atau orang lain, kalau kamu belum bisa melakukan hal tersebut, berarti kamu belum bisa dikatakan orang pintar. Informasi tersebut membuat kehidupan kita lebih cepat dalam melakukan sesuatu, dalam memahami sesuatu dan memutuskan suatu hal yang ada dalam kehidupan kita.

Foto oleh murat esibatir dari Pexels

Menjadi pintar berarti kamu bersedia untuk mencari banyak informasi dalam kehidupan kamu. Tidak ada batasan usia untuk seseorang mendapatkan informasi, selagi kamu bisa memahami informasi tersebut, berarti kamu masih layak untuk mencari informasi lebih banyak lagi. Orang yang selalu penasaran akan suatu hal yang terjadi, akan lebih semangat dalam mencari informasi mengapa dan kenapa hal tersebut terjadi. Jangan masuk ke dalam kehidupan bodoh di zaman ini, dimana orang lebih penasaran dengan kehidupan orang lain, sebenarnya tidak salah dengan hal itu, tapi sangat salah kalau kamu terlalu ikut campur dalam kehidupan orang lain tanpa di minta sama sekali. Kesempatan hidup hanya sekali, jangan terlalu banyak memakan informasi sampah dalam kehidupan kamu. Kenapa kita terus berada di masa kebodohan, kalau kita bisa mengubah nya?. Kamu hanya perlu sadar bahwa menjadi orang pintar itu tidak sulit, hanya perlu kerja keras dan proses yang panjang.

Perbanyak lah membaca, karena degan membaca kamu bisa mendapatkan banyak sekali informasi baru yang belum kamu ketahui. Kamu akan dikatakan orang lain pintar, disaat kamu menceritakan sebuah informasi yang belum mereka ketahui. Bagaimana kamu bisa menceritakan informasi baru yang belum orang ketahui kalau kamu tidak membaca, sangat mustahil kamu dikatakan orang pintar kalau kamu tidak ingin mendapatkan informasi yang banyak. Jangan pernah merasa bahwa dirimu lebih hebat dari orang lain, karena sebuah informasi yang mereka tidak tahu dan kamu tahu, karena kemungkinan besar juga orang itu mengetahui informasi yang kamu tidak ketahui. Maka dari itu jangan pernah malu untuk bertanya atau bertukar pikiran dengan orang lain, karena bisa saja kamu mendapatkan informasi yang lebih berguna. Membaca mungkin tidak di sukai beberapa orang, tapi cobalah terlebih dahulu dengan membaca judul nya saja, kemungkinan kamu akan penasaran dengan isinya.

Selain membaca kamu bisa lebih sering mendengar, dengan mendengar berarti kita sedang memahami sebuah informasi yang disampaikan orang lain. Banyak mengetahui informasi akan membuat wawasan kamu lebih luas. Jangan pernah merasa kamu lebih hebat dari orang lain, terus kamu tidak ingin menjadi pendengar yang baik, dengarkan saja apa yang dia katakan, percayalah pasti kamu menemukan suatu hal yang baru dari ucapan dia. Walaupun aku sering masuk ke dalam keadaan dimana orang lain sering sekali bercerita suatu hal yang sudah aku ketahui sebelum nya, hal itu tentu membuat ku sangat muak sekali, karena dia merasa bahwa dia sangat pintar saat itu dengan memberikan sebuah informasi, padahal kita sudah mengetahui hal itu sebelum nya. Jika kamu masuk ke dalam keadaan seperti itu, coba jangan pernah membuat dia malu, tapi cobalah untuk membuat dia merasa sangat baik dengan mendengarkan dia. Karena dengan menghargai orang lain, kita juga akan di hargai orang lain juga suatu saat nanti.

Jangan pernah berhenti untuk belajar, karena ilmu tidak pernah berhenti. Maka dari itu kamu juga jangan pernah berhenti dalam mempelajari ilmu, kalau kamu tidak mengulang-ulang sebuah informasi yang sudah kamu ketahui sebelumnya, hal itu bisa saja kamu lupakan. Jangan pernah merasa terbebani dengan pelajaran yang kamu hadapi, tapi merasa bahagia lah ketika kamu terus mendapatkan informasi yang dapat mengubah kehidupan kamu. Tidak akan ada perubahan kalau kita tidak belajar untuk mengubahnya, sama seperti diri kamu tidak akan ada perubahan kalau kamu hanya berdiam diri dan berpuas diri. Kamu hanya perlu tahu bahwa dunia tidak selamanya sama, selalu ada perubahan dalam per menit nya. Informasi yang menit ini bisa saja sudah tidak dipakai di menit kedepan nya, selalu perbarui informasi yang kamu ketahui.

Berhentilah mempedulikan orang lain tentang pendapat mereka mengenai diri kamu, karena hal tersebut tidak terlalu penting untuk kamu hiaraukan dalam kehidupan kamu. Teruslah menjadi diri kamu sendiri, karena hal itu sangat penting sekali untuk memotivasi diri kamu sendiri. Orang lain tidak akan bisa membuat perubahan besar dalam diri kamu, kalau kamu tidak ingin melakukan nya. Buatlah semua perjalanan kehidupan kamu itu, menjadi sebuah teori yang bisa membantu kamu di masa depan. Seperti obat yang dapat menyembuhkan penyakit kamu dengan baik, buatlah perjalanan kehidupan kamu sekarang ini seperti seorang ilmuan yang sedang membuat racikan obat yang sangat luar biasa. Walaupun kamu akan sering mengalami kegagalan, percayalah akan ada masanya dimana kamu akan menemukan racikan yang tepat untuk sebuah penemuan obat yang sangat luar biasa. Kalau kamu berhenti di saat ini, kamu tidak akan pernah sampai tujuan itu, biarlah mereka yang berbicara terus-menerus, tapi kita tetap bekerja dan menemukan suatu hal yang dapat membuat mereka menangis dengan kerja keras kita.

Per banyaklah belajar dari orang lain yang lebih baik dari kamu, karena dari situ kamu bisa terus berprogres dalam kehidupan kamu. Mungkin masa kamu sekarang ini adalah masa dia di masa lalu, dari situ kamu bisa mendapatkan informasi dari dia bagaimana dia dapat melewati masa lalunya dan bisa sampai di masa nya sekarang. Jangan pernah malu dikatakan bodoh kalau kamu memang tidak tahu hal tersebut, karena tidak ada orang yang langsung tahu tanpa di beritahukan atau dipelajari terlebih dahulu. Selalu temukan orang-orang baru yang lebih hebat dari kamu, pelajari bagaimana dia bisa mencapai hal tersebut dalam kehidupan nya. Yang pasti tidak ada orang yang mendapatkan kesuksesan tanpa kerja keras dalam kehidupan nya. Kamu tidak akan tahu bagaimana bisa orang sampai ke bulan, kalau kamu tidak bertanya bagaimana dia bisa sampai ke bulan. Perbanyak lah teman yang bisa mengubah kehidupan kamu kearah yang lebih baik, bukan teman yang membuat kehidupan kamu semakin merosot.

Satu hal yang bisa membuat orang pintar, salah satunya adalah keinginan tahuan yang besar, kalau di zaman sekarang ini sering dikatakan kepo. Kalau kita kepo kearah yang positif itu sangat baik sekali, asalkan jangan kepo dengan urusan orang lain yang tidak terlalu penting untuk kehidupan kamu. Dari kepo kita bisa memberikan diri kita sebuah stimulus dimana kita harus mendapatkan informasi yang menganjal di pikiran kita. Saya mungkin harus melakukan sebuah penelitian lajut, bagaimana orang zaman sekarang ini bisa sangat kepo dengan kehidupan orang lain, dan membuat hal tersebut menjadi sebuah acuan bagi orang agar lebih kepo kepada ilmu.

Bertanya juga sangat bagus sekali, kita bertanya berarti kita tidak mengetahui hal tersebut, keberanian orang bertanya harus diajungi jempol. Orang bertanya mengakui dirinya memang tidak tahu, dan dia menganggap bahwa diri harus mengetahui hal tersebut. Daripada orang sudah tidak tahu, sok tahu pula. Kalau kamu memang tidak tahu, sering-sering lah untuk bertanya, karena hanya begitu kamu bisa menjadi tahu akan hal tersebut. Tidak ada yang salah dengan bertanya kalau kita tidak mengetahuinya, yang salah adalah berpura-pura selalu akan kebodohan diri kita sendiri.

Keinginan juga harus ada dalam diri kita, kita harus memiliki keinginan untuk berubah kearah yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Kalau kita tidak memiliki keinginan untuk suatu hal, itu sama saja kita tidak akan melakukan apa-apa dalam kehidupan kita. Kamu harus tahu bahwa kalau kamu melakukan hal tersebut, karena hal itu memang berguna dan menguntungkan dalam kehidupan kamu. Buatlah sebuah keinginan dalam diri kamu untuk mendapatkan banyak sekali informasi di kehidupan mu, orang yang lebih tahu banyak hal akan lebih dihargai daripada orang yang sok tahu. Banyak media yang bisa kita jadikan untuk menimbah informasi, tapi sekarang kembali lagi kepada diri kamu, apakah kamu memiliki keinginan untuk mendapatkan informasi tersebut ?. Kalau kamu tidak memiliki keinginan sama sekali, maka kamu tidak akan mendapatkan informasi tersebut.

Menjadi orang pintar itu mudah, yang susah itu adalah diri kamu yang tidak mau menuju menjadi orang pintar. Bagaimana kamu bisa pintar kalau kamu hanya sibuk melakukan hal yang tidak penting, tapi usahakan setiap harinya kamu mendapatkan informasi baru dalam kehidupan kami. Kalau kamu tidak suka membaca tulisan, kamu bisa mendengarkan berbagai podcast, di zaman sekang ini sudah banyak buka yang sudah tersedia versi audio nya. Tidak ada kata malas lagi untuk selalu belajar, karena kita tidak pernah berhenti untuk selalu membutuhkan informasi dalam kehidupan kita.

Carilah banyak informasi, karena hanya dengan mengetahui banyak informasi bisa menjadi diri kamu orang pintar. Tidak ada orang dalam satu malam mengetahui semua hal tanpa dia pelajari sebelumnya, kita hanya perlu memahami apa informasi tersebut dan kamu akan tahu bahwa hal itu dapat mengubah sesuatu. Kalau kamu mau pintar masak, carilah banyak informasi mengenai masak, kamu tidak akan tahu membuat bolu kalau kamu tidak mencari informasi membuat bolu.

Mulai sekarang serius lah dalam menemukan informasi baru setiap saat nya, jangan malu dikatakan bodoh karena kamu ingin mengetahui hal tersebut, tapi malu lah disaat kamu mengatakan orang bodoh, padahal kamu tidak tahu apa-apa juga. Semua itu tergantung informasi, semua yang dipelajari adalah informasi yang harus kamu tangkap dan pahami, dengan begitu kamu jadi mengetahui nya. Jangan sekolah hanya untuk sebuah nilai dan ijazah saja, tapi sekolah untuk mendapatkan banyak informasi, karena kalau hanya sebatas kertas saja, hal itu tidak akan bisa mengubah kehidupan kamu terlalu besar, tapi kualitas diri kamulah yang mengubah kehidupan kamu. Kalau kamu mau menuju timur, jangan pelajari jalan ke barat, karena hal itu akan membuat kamu tersesat. Pintar sebenarnya bukan tujuan, tapi kehidupan bahagia adalah tujuan, tapi sayangnya kalau kamu tidak pintar kamu akan sulit bahagia. Jangan pernah berhenti untuk mencari ilmu, karena dengan begitu kamu bisa mengubah suatu hal itu menjadi luar biasa. Tetap semangat.

Reactions

Posting Komentar

0 Komentar