Lindungi Hutan Selamatkan Nyawa Kita.

Foto stok gratis alam, dasar, epik
Foto Oleh Luis Del Rio | Pexels 

Di dunia ini manusia dapat hidup, karena peran penting hutan dalam keberlangsungan hidup manusia. Seharusnya manusia sadar betul betapa penting nya hutan bagi kehidupan mereka, kita tidak akan bisa hidup tanpa adanya hutan di bumi ini. Begitu pentingnya hutan bagi kehidupan kita manusia, seharusnya kita memiliki kesadaran akan betapa penting nya menjaga kelestarian dari hutan kita. Hutan bukan soal pohon-pohon saja, hutan adalah tempat tinggal sekitar 300 juta jiwa manusia yang tersebar di seluruh hutan di dunia, termasuk 60 juta masyarakat adat. Belum lagi keanekaragaman hayati hutan yang begitu melimpah. 

Banyak cerita dari hutan yang bisa kita dapatkan, bagaimana kita manusia itu tidak hanya hidup berdampingan dengan manusia saja, kita manusia hidup berdampingan dengan begitu luasnya hutan yang ada di bumi kita ini. Kita dengan pohon dapat dikatakan simbiosis matualisme, dimana kita memproduksi karbondioksida yang dibutuhkan pohon dan pohon memproduksi oksigen yang kita butuhkan. 

Foto stok gratis alam, alam indonesia, cuaca
Foto Oleh Ibadah Mimpi | Pexels 

Hutan Adalah Keluarga Kita 

Hutan menjadi salah satu kebutuhan manusia yang paling penting, hutan berfungsi untuk membantu manusia dalam bernafas. Pohon-pohon di hutan memberikan oksigen yang sangat dibutuhkan oleh manusia, tahukah kamu bahwa satu pohon yang dewasa dengan daun yang lebat, dapat memproduksi oksigen yang dibutuhkan 10 orang dewasa dalam satu musim. Tanpa ada pohon di hutan mustahil untuk manusia tinggal di bumi. Begitu pentingnya peran pohon-pohon di hutan, maka dari kita mari jaga hutan bersama, karena hutan adalah keluarga kita. 

Foto stok gratis Afrika, binatang, cadangan
Foto Oleh Pixbay | Pexels

Merusak Hutan Sama Dengan Membunuh Kita Manusia. 

Hidup kita tergantung dari kelestarian dari hutan yang terjaga. Semakin baik hutan kita terjaga, maka semakin nyaman kita tinggal di dunia ini. Jaga hutan sama dengan menjaga kehidupan manusia, kesadaran kita harus dipupuk mulai sekarang betapa penting nya kelestarian hutan kita. 

Jangan karena keserakahan kita akan eksploitasi hutan, hanya memikirkan kepentingan kita saja, malah kita membahayakan diri kita, anak kita, cucu kita. Cintailah Hutan kita, maka hutan akan memberikan kedamaian untuk kehidupan kita manusia..

Foto stok gratis air, alam, awan
Foto Oleh Tom Fisk | Pexels

Betapa Indahnya Hutan Indonesia. 

Tanggal 7 Agustus ini kita baru merayakan hari hutan Indonesia, dari sini kita orang Indonesia harus tahu bahwa keindahan hutan Indonesia tiada taranya dengan yang lain. Kamu juga harus bangga, karena Hutan Indonesia mendapatkan gelar sebagai paru-paru dunia.  Menurut data Forest Watch Indonesia (FWI) pada 2013, ada sebanyak 82 hektar luas daratan Indonesia yang masih tertutup oleh hutan. Jenis flora di Indonesia juga sangat banyak sekali, 25.000 jenis atau 10% jenis dari tumbuhan yang ada di seluruh dunia. Sedangkan untuk jenis fauna tidak kalah banyak juga, ada 1.600 jenis mamalia (hewan menyusui), ikan lebih dari 4.000 jenis, burung lebih dari 1.600 jenis, reptilia dan Amphibi lebih dari 1.000 jenis, untuk jenis serangga ada sebanyak 200.000 jenis. 

Betapa bangga nya kita mengetahui bahwa hutan Indonesia sangatlah kaya akan Flora dan fauna nya. Kita sebagai anak muda Indonesia, harus memiliki tekad yang kuat untuk tetap menjaga kelestarian hutan kita ini. Di mulai dari diri kita yang menjaga lingkungan sekitar kita saja, sudah membuat suatu kekuatan bagi keberlangsungan kelestarian alam kita. 

Foto stok gratis alam, alam liar, batang pohon
Foto Oleh Gustavo Queiroz | Pexels

Gotong Royong Jaga Hutan Dengan Cara Adopsi Hutan. 

Kita sudah membahas betapa penting hutan bagi kehidupan kita manusia, sekarang kita harus memiliki kesadaran dalam diri kita untuk menjaga dan melestarikan hutan kita. Dengan saling membuka kesadaran diri kita, marilah kita saling gotong royong dalam menjaga hutan yang kita miliki, adopsi hutan adalah gerakan gotong royong menjaga hutan yang masih ada, mulai dari pohon tegaknya, hewannya, flora eksotis nya, serta keanekaragaman hayati lain di dalamnya. 

Bayangkan kalau suatu hari nanti, karena kita yang tidak peduli dengan hutan kita, kita malah di hadapkan harus membeli oksigen. Semua tindakan di mulai dari diri kita, mari kita bersama adopsi hutan untuk keberlangsungan hidup kita. Hutan lestari kita manusia nyaman. 

Intinya adalah kita sebagai manusia tidak boleh tidak peduli dengan hutan kita, karena keberadaan hutan lah yang membuat kita masih tetap hidup di dunia ini. Dari hal sederhana itu saja kita harus membuka pikiran kita untuk tetap melestarikan dan menjaga hutan kita,  dengan cara adopsi hutan kita sudah menjaga keberlangsungan banyak nyawa yang ada di dunia ini. 

Reactions

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Sedih bacanya, manusia dibutakan uang ya sampai lupa hutan adalah oksigen...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia ka Dewi Rieka, semoga penerus bangsa yang lainnya lebih tahu lagi menjaga hutan kita agar tetap lestari.

      Hapus