#IniUntukKita - Kreativitas Anak Muda Lebih Penting

Foto stok gratis bekerja, berfungsi, bersama
Foto oleh Fauxels | Pexels

Pada masa sekarang ini kita tidak bisa lepas dari bagaimana kerasnya perjuangan untuk mendapatkan pekerjaan, setiap bulannya pasti ada sarjana baru yang terlahir, tapi apakah setiap bulannya ada lowongan kerja yang dibuka ?. Di Indonesia kita masih sering didik untuk menjadi seorang pekerja yang baik, bukan menjadi seorang pengusaha yang dapat membuka lowongan kerja yang luas. Sistem pendidikan seperti itu membuat mindset anak muda kebanyakan berpikir bagaimana dia selesai mendapatkan gelar sarjana langsung kerja di perusahaan besar. Kalau mindset anak muda semuanya seperti itu, percayalah bahwa kita akan terus berada di massa yang suram ini. 

Seorang anak muda, seharusnya memiliki kreativitas yang tinggi setelah mendapatkan gelar sarjana, kalau kita hanya sekolah begitu lama hanya untuk mendapatkan pekerjaan saja, kenapa kita tidak lebih awal saja untuk mencari pekerjaan ?. Sebuah negara yang kuat berawal dari pendidikan yang baik, pendidikan itu soal sebuah informasi yang ada. Seorang individu yang pintar, bukan karena dia memiliki gelar yang begitu banyak, tapi karena dia memiliki informasi yang sangat luas dalam  pikiran nya. Orang sekolah untuk mendapatkan informasi yang banyak akan suatu hal yang berguna untuk kehidupan manusia. Informasi tersebutlah yang seharusnya mendidik seorang untuk memiliki kreativitas yang baik, bukan untuk bagaimana kita menjadi suruhan orang lain agar seseorang itu menjadi puas akan kinerja kita. 

Memang kita tidak semuanya dilahirkan untuk menjadi seorang pengusaha, tapi pendidikan seharusnya membuat kita menjadi seseorang yang memiliki kreativitas yang tinggi. Kreativitas itu sangat penting sekali buat seorang individu, dari kreativitas itu dia bisa menjadi seorang individu yang lebih produktif dari yang lainnya. Contohnya : Kamu baru saja tamat kuliah dan mendapatkan gelar sarjana, di saat itu juga kamu memberikan lamaran kerja untuk beberapa perusahaan yang menurut kamu bagus. Beberapa minggu surat lamaran kamu tersebut tidak ada balasan, sepertinya itu menandakan kamu tidak di terima  bekerja. Dan disaat seperti ini, apa yang harus kamu lakukan ?, berdiam diri hanya menunggu sampai kamu diterima di perusahaan lain, atau terus berjuang untuk mengirim lamaran ke perusahaan lainnya. Bukankah kamu hanya menghabiskan waktu dengan ketidakpastian itu, bayangkan kalau kamu tidak mendapatkan pekerjaan selama 1 tahun.

Intinya adalah di saaat seseorang individu yang memiliki kreativitas di dalam dirinya, dia akan menjadikan waktu yang dia miliki lebih produktif daripada seseorang yang hanya menunggu ketidakpastian. Kreativitas itu akan menciptakan skill bagi individunya, bahkan bisa memberikan peluang baru bagi orang lain. Kita harus memiliki pikiran yang kritis di dalam kehidupan kita, kalau kita tidak diterima kerja di perusahaan ini dan perusahaan lainnya, kita harus berpikir untuk melakukan hal lainnya, kalau hal itu juga tidak bisa kita lakukan, cari hal yang lainnya, sampai kamu menemukan sesuatu yang menguntungkan di dalam kehidupan kamu tanpa membuat orang lain rugi akan hal itu. Jadi kita bukan lagi orang yang menyalahkan orang lain di saat kita tidak mencapai sesuatu dalam diri kita.  

Contoh sederhana dari betapa penting nya sebuah kreativitas bagi anak muda, seorang individu yang memiliki kreativitas, dia bisa membuat sebuah barang yang tidak bernilai menjadi memiliki daya jual yang tinggi. 

Foto stok gratis baju merah, belum tua, biasa sajaFoto Oleh Mentatdgt | Pexels 

Usaha Dan Kreativitas  

Menjadi seorang pengusaha memang tidak semudah apa yang kita pikirkan, banyak perencanaan matang harus kita lakukan untuk memulai usaha baru. Kreativitas kita juga harus bermain, bagaimana kita membuat sebuah usaha yang memiliki daya saing dengan usaha yang lainnya. Usaha bukan hanya bagaimana kualitas dan jasa yang kita hasilkan, tapi bagaimana suatu hal itu memang dibutuhkan oleh banyak orang. Kita menjadi pengusaha berarti kita siap untuk bersaing positif dengan pengusaha lainnya. 

Kreativitas kita memang sangat perlu untuk menciptakan usaha yang baik, dimana kita bisa melihat peluang untuk menghasilkan barang yang dibutuhkan banyak orang. Jika kamu jualan minuman es di panas matahari, jangan pernah berhenti jualan di hari hujan, tapi ganti jenis minuman minuman kamu saat hari hujan. Kita harus pintar dalam melihat peluang yang ada di depan kita. 

Foto stok gratis bekerja, berdiskusi, berfungsiFoto Oleh Cottonbro | Pexels 

Lihat Peluang, Kreativitas Bermain. 


Di saat bahan produk yang kamu butuhkan semakin langka, tetapi kebutuhan akan produk itu semakin meningkat. Membuat kita harus berpikir dua kali untuk mengatasi permasalahan tersebut, bagaimana kita tetap menghasilkan sebuah produk yang dapat memenuhi permintaan pasar, walaupun bahan nya mulai langka. Kita di sini haru sekreatif mungkin untuk membuat rancangan untuk produk kita, dimana disaat komposisi produk kita dikurangi, tapi tidak mengurangi kualitas dari produk tersebut. Sebagai seorang anak muda, kita harus banyak belajar bagaimana kita memuaskan pasar dengan produk yang kita hasilkan. 

Kalau kita menjadi pengusaha kita harus paham betul apa itu "Literasi Ekonomi" dimana ilmu yang mempelajari tentang bagaimana seorang individu memenuhi kebutuhan dan keinginan nya yang tidak terbatas dari sumber daya yang terbatas. Di sini seorang individu harus sudah mempersiapkan sebuah rancangan di bisnis nya, dimana dia dapat mengatasi ketika bahan produknya yang semakin sedikit atau langka. Contohnya : kita membuka toko roti, bahan baku dari membuat roti adalah tepung. Di sini kita harus tahu betul bagaimana perkembangan dari bahan baku produk kita, dimana kita sudah siap apabila terjadi kelangkaan pada bahan baku produk kita. Atau kita membuat sebuah gebrakan baru dengan mengubah bahan baku produk kita, tapi dengan hasil produk yang sama, hal ini tentu membutuhkan percobaan, tapi bagaimana kita tahu hal itu bisa atau tidak kalau kita tidak mencoba nya.

Kita harus tahu betul bagaimana melihat peluang yang ada di depan kita, peluang yang bisa meningkatkan pendapatan kita. Jangan membiarkan peluang sekecil apapun pergi, kalau kita bisa mengelola nya menjadi sebuah rancangan untuk usaha kita. Pengusaha berarti memiliki banyak cara untuk menghasilkan dari setiap hal yang dia buat, sebuah kegagalan hanya pembelajaran untuk menghasilkan kualitas yang lebih baik. 

Melihat peluang berarti kita paham dengan kebutuhan dari masyarakat luas, jangan menyediakan produk yang tidak dibutuhkan oleh banyak orang. Tapi buatlah produk yang memang di minta pasar, walaupun persaingan akan semakin banyak dengan pengusaha lainnya, tapi usahakan produk yang kamu hasilkan bermain dengan kreativitas, bagaimana kamu memiliki nilai jual lebih yang tidak dimiliki oleh pengusaha lainnya. Kalau orang jualan minuman mengunakan kantongan plastik, usahakan kamu menjual minuman dengan botol, tapi dengan harga yang sama. 


Foto stok gratis alam, bagus, batang
foto oleh Egor Kamelev | Pexels

Pengusaha Seperti Bunglon 

Kita harus memiliki teknik usaha seperti seekor bunglon, bisa menyesuaikan di berbagai tempat. Kalau membuat sebuah produk, usahakan produk itu bisa beradaptasi di berbagai kebudayaan bahkan di masyarakat yang berbeda-beda. Dimana di saat mereka melihat produk kamu tersebut, mereka tidak asing dengan produk itu. Maka daya tarik mereka untuk mendapatkan produk kamu akan lebih besar, dan lebih banyak orang yang akan tertarik. Contoh sederhana nya, seperti kamu jualan kain, jangan menjual kain dengan motif budaya a ke budaya b, kemungkinan akan terjual, tapi daya jual hal itu akan sedikit rendah, daripada kamu menjual kain yang sesuai dengan motif budaya pembelinya. 

hal lainnya juga yang bisa kamu lakukan adalah seperti jualan jualan es, jangan pernah berhenti jualan di saat hujan datang. Kamu hanya perlu mengganti jualan minuman kamu ke varian panas, hal itu akan membuat kamu tetap jualan walaupun keadaan yang berbeda. Hal seperti ini harus kita lakukan dalam usaha kita, agar usaha kita tetap berkembang dalam keadaan apapun itu. Jadi memang kamu harus kreatif dalam melihat keadaan sekitar kamu, dimana kamu tetap bisa mendapatkan keuntungan selalu. 

Foto stok gratis belum tua, bersahabat, bisnisFoto Oleh Mentatdgt | Pexels

Pengusaha Yang Mandiri  


Kita harus menjadi pengusaha yang mandiri, gerakan untuk menjadi berhasil memang harus ada dari dalam diri kita. Jangan pernah tergantung dari orang lain saja, kalau kita ingin mencapai keberhasilan kita. Yang membuat diri kita berhasil bukan orang lain, tapi diri kamu sendiri. Kita menghasilkan sebuah produk karena kita ingin hal itu, bukan karena kita terpaksa untuk melakukan hal itu. 

Pengusaha berani dalam mengambil sebuah resiko di kehidupan nya, jangan karena kata orang lain seperti ini dan itu kamu berhenti, dengarkan kata hati kamu dan terus berjuang atas tujuan yang kamu ingin capai. Jangan biasakan menjadi orang yang tergantung dengan orang lain, mandirilah di dalam kehidupan kamu. 

Intinya adalah dalam melakukan apapun kita, kalau kita kreatif dalam melakukannya, tentu kita akan memiliki nilai lebih dari yang lainnya. Dalam usaha pun kita harus menciptakan kreativitas untuk menghasilkan sebuah jasa atau produk yang akan diminati banyak orang. Kreatifitas membuat anak muda lebih banyak peluang dari sebelumnya, karena kalau kita kreatif dalam melihat sesuatu di kehidupan kita, kita bisa menjadikan semua hal itu menjadi peluang dalam kehidupan kita. Anak muda bukan untuk diatur, tapi untuk bebas mengekspresikan dirinya. 




Reactions

Posting Komentar

0 Komentar