- Logical Methematical 

Tipe kecerdasan ini sangat suka hal-hal yang berhubungan dengan logika, matematika, fisika. Tipe ini cocok dengan pekerjaan ilmuwan, programmer dll. 


- Musikal 

Yang satu ini sangat suka hal-hal yang berhubungan dengan musik. Misalnya beryanyi, memainkan alat musik dll. Pekerjaan yang cocok untuk mereka adalah penyanyi, pemain musik dll. 


- Naturalist. 

Mereka suka sekali hal-hal yang berhubungan dengan alam. Misalnya kayak hewan, tumbuhan dll. Pekerjaan yang cocok untuk mereka pendaki, petani, penjelajah alam. 


- Bodily kinesthetic.
 
Kalau tipe ini, mereka lebih suka yang berhubungan dengan fisik mereka seperti olahraga, menari, dll. Pekerjaan yang cocol untuk mereka adalah penari, atlet olahraga dll. 


- Linguistic 

Tipe kecerdasan ini menyukai hal-hal yang berkaitan dengan bahasa. Selain itu mereka biasanya lebih suka menulis, berbicara di depan publik dll. Pekerjaan yang cocok untuk mereka yaitu jurnalis, penyair, pengacara dll. 


- Intrapersonal 

Tipe ini sering disebut cerdas batin. Biasanya mereka bisa mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan dalam diri mereka. Pekerjaan yang cocok untuk mereka adalah konselor edukasi, pengarahan dll.
 

- Interpersonal
 
Bedanya dengan yang tadi, tipe kecerdasan ini disebut cerdas sosial. biasanya mereka bisa memahami karakter, kekurangan dan kelebihan teman-teman nya. Pekerjaan yang cocok untuk mereka negosiator, guru, dosen dll. 


- Exiistential. 

Sering disebut cerdas filosofis. Tipe ini biasanya selalu penasaran akan hal apapun. Selain itu mereka juga pintar di dalam memecahkan persoalan-persoalan yang ada. Pekerjaan yang cocok untuk mereka adalah filduf dll. 


- Spatial / Visual 

Mereka biasanya suka memikirkan bentuk ruang, tata ruang. selain itu mereka bisa membayangkan kalau itu asli. Pekerjaan yang cocok untuk mereka adalah desainer, fotografer, arsitek dll.