Stop Kekerasan Berbasis Gender!

Foto oleh Life Matters dari Pexels

Kekerasan berbasis gender adalah tindakan yang merugikan individu atau kelompok atas tindakan yang dilakukan kepada mereka, tindakan tersebut ditargetkan atas dasar gender atau jenis kelamin individu atau kelompok tersebut. Kekerasan sudah menjadi hal yang sangat salah, individu atau kelompok yang mengalami sebuah kekerasan pasti akan merasakan hal yang buruk terhadap dirinya atas kejadian yang menimpanya tersebut. Kurang peduli nya kita terhadap kerukunan dan kedamaian individu dan kelompok lain membuat seseorang itu dapat dengan begitu tenang nya melakukan sebuah kekerasan terhadap seseorang.

Kekerasan berbasis gender sering terjadi pada kaum wanita dan hal itu juga tidak menutup kemungkinan terjadi pada kaum pria, tapi kekerasan berbasis gender ini kebanyakan terjadi pada kaum wanita. Kekerasan gender yang sering terjadi pada wanita seperti kdrt, pemerkosaan, perbudakan seksual, dan perdagangan manusia. Sebagai seorang individu yang masih memiliki pola pikir yang sehat, kita harus peduli akan bagaimana kekerasan berbasis gender ini sangat buruk sekali. Kenapa kita harus peduli dengan hal ini ?, karena kemungkinan hal ini bisa saja terjadi pada keluarga yang kita cintai, maka dari itu hal ini adalah masalah kita bersama. Kita tidak perlu terlalu jauh melakukan tindakan untuk menunjukan diri kita yang peduli dengan kekerasan berbasis gender, kita bisa menunjukan nya di kehidupan kita sehari-harinya. Saling menghargai orang lain adalah awal dari kita untuk mencegah kekerasan berbasis gender.  

Sebagai manusia yang hidup bersama di bumi ini, kita harus memiliki kesadaran dalam diri kita bahwa begitu pentingnya saling menghargai setiap individu. Kesadaran harus di mulai dengan diri kita yang peduli dengan orang yang berada di sekitar kita, mencoba untuk memberikan mereka rasa nyaman dengan berada di lingkungan tersebut. Rasa nyaman dari seseorang timbul ketika dia merasa tidak terancam di tempat tersebut. Jangan jadikan gender sebuah hal yang membuat kamu melakukan sebuah tindakan yang merugikan orang lain, ketika kita tahu bahwa dia tidak lebih kuat dari kita, seharusnya kita sadar dengan hal tersebut bahwa kita memiliki kesempatan untuk menjaganya . Sadarlah ketika kamu menghargai orang lain, secara tidak langsung orang lain juga akan menghargai kamu.

Peduli terhadap sesama.

Tindakan kekerasan terjadi akibat kurangnya rasa peduli kita terhadap seseorang tersebut. Berhentilah untuk merasa lebih hebat dari orang lain dan merasa bahwa mereka lemah, hal tersebut tentu salah. Kamu tercipta bukan untuk menyakiti orang lain, tapi untuk saling hidup rukun dengan orang lain. Apa yang akan kamu perbuat dengan orang lain, itulah yang akan kamu dapatkan nantinya dalam kehidupan kamu. Mulailah membuka kesadaran bahwa begitu pentingnya saling menghormati satu sama lain.

Gender bukan suatu hal yang menunjukkan mana individu yang lemah dan mana individu yang lebih kuat, tapi gender menunjukan bahwa kita yang saling membutuhkan satu dengan yang lain. Berhentilah untuk tidak menyakiti orang lain dengan berbasis gender, kamu harus membayangkan ketika tindakan kamu itu di balikkan kepada keluarga yang kamu cintai. Apakah kamu sanggup dengan hal itu semua ?, kamu hidup bukan untuk menyakiti orang lain, tapi hidup kamu ada hal yang lebih berguna daripada hal tersebut. Mari kita bersama-sama saling menghargai dan berhenti untuk tidak menjadikan gender seseorang menjadi peluang bagi kita melakukan sebuah kejahatan.


Reactions

Posting Komentar

0 Komentar